Mutasi Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2019.a/b




Mutasi siswa pada Aplikasi Dapodik versi 2019 atau 2019.a tidak seperti Dapodik Versi yang sebelumnya. Aplikasi Dapodik versi yang sebelumnya untuk memutasikan siswa masih bisa dengan cara offline, sebaliknya memutasikan siswa pada Aplikasi Dapodik Versi 2019 harus menggunakan internet atau online.

Caranya :
Pertama-tama kita login ke Aplikasi Dapodik Versi 2019 sekolah masing-masing, kemudian kita pilih menu Peserta Didik dan pilih salah satu peserta didik yang akan kita mutasikan. Langkah selanjunya, setelah peserta didik dipilih kemudian kita pilih menu yang ada di sebelah atas yaitu menu Registrasi terus kita isi form yang ada di menu registrasi dengan cara sebagai berikut :


Form Keluar Karena kita isi dengan MUTASI;
Form Tanggal Keluar Sekolah kita isi dengan tanggal siswa tersebut meminta untuk mutasi;
Form Alasan kita isi dengan alasan siswa tersebut keluar/mutasi dari sekolah kita, biasanya kita isi dengan Mengikuti/Ikut Orang Tua.
Kemudian kita klik tombol Simpan dan Tutup pada pojok bawah sebelah kanan. Lalu akan muncul konfirmasi cetak surat mutasi seperti ini :


Langkahnya adalah Kita tinggal klik tombol Konfirmasi Cetak. Untuk aplikasi Dapodik Versi sebelumnya 2018, apabila kita mengklik tombol konfirmasi cetak, maka akan keluar surat mutasi dari Aplikasi seperti gambar di atas, tapi untuk aplikasi Dapodik yang sekarang Versi 2019/2019.a kita tidak bisa langsung mencetak surat mutasi, tapi konfirmasi cetak tersebut seperti gambar di atas menghilang. Tapi jangan khawatir Setelah siswa tersebut kita mutasikan, maka langkah selanjutnya kita arahkan kursor ke menu PD (Peserta Didik) Keluar, kemudian kita cara nama peserta didik yang tadi sudah kita mutasikan dengan cara mengisi form registrasi, biasanya tinggal kita ketik namanya di menu pencarian peserta didik lalu enter dan akan muncul nama peserta didik tersebut. Setelah nama peserta didik muncul maka selanjutnya kita tinggal mengklik tombol menu cetak / Cetak Surat Mutasi yang ada di atas dan akan muncul seperti ini :

Setelah informasi seperti gambar disamping muncul, maka selanjunya kita harus mengklik/mengcopy link/buka link di tab baru supaya Aplikasi Dapodik tetap terbuka dan kemudian tekan OK. 
link Dapodikdasmen tampilannya seperti ini :


Login Kelola Data Sekolah/Dapodikdasmen menggunakan username dan Paswor Dapodik sekolah yang bapa/ibu operator miliki, setelah itu klik Kelola Data Sekolah, maka akan muncul Beranda Dapodikdasmen, tertera di gambar tersebut informasi akun sekolah masing-masing dan kita klik tombol Kelola Data Periodik. Kemudian muncul halaman profil sekolah, sarana, Guru dan Tendik, Rombel dan Peserta Didik, dan SPTJM.

Tambahan, link ini juga untuk tahun 2019 dan kedepannya akan dipakai untuk mencetak SPTJM sekolah masing-masing yang kemudian hasil printout yang sudah ditanda tangan, stempel dan materai 6000 oleh kepala sekolah dikirim ke link Dinas Kabupaten/Kota dengan file pdf.
Untik mencetak surat mutasi peserta didik dengan cara klik tombol Peserta didik, kemudian muncul daftar nama peserta didik dan keterangannya, seperti gambar berikut :


Sehubungan dengan peserta didik yang di Aplikasi Dapodik sudah dikeluarkan, maka kita pilih di menu status yang tadinya statusnya aktif menjadi keluar, maka akan muncul daftar nama peserta didik yang sudah keluar atau yang akan kita cetak surat mutasinya. Setelah nama peserta didik ditemukan maka langkah selanjutnya kita geser halaman ke ujung sebelah kanan dan akan muncul gambar alat pencetak. 

Terakhir, kita klik tombol cetak maka akan keluar surat mutasi peserta didik online Aplikasi Dapodik Versi 2019/2019.a seperti gambar dibawah :
Setelah itu tinggal di download bentuk file pdfnya atau tinggal langsung di cetak.

Demikian dari saya, semoga bermanfaat dan Terima Kasih. 



Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Mutasi Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2019.a/b"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel