Cara Pengajuan Perbaikan Identitas Peserta Didik pada VervalPD



Cara Pengajuan Perbaikan Identitas Peserta Didik pada VervalPD - Surat Perihal Pendataan Calon Peserta US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019  

  






Diberitahukan dengan hormat, sehubungan akan dimulainya Pendataan Calon Peserta Ujian Sekorah/Madrasah SD/MI Tahun Perajaran 2018/2019, maka dilakukanan tahapan- tahapan pendataan peserta US/M, sebagal berikut:




1.   Pendaftaran Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik;


2.   Sekolah diharapkan segera mememiksa kelengkapan dan pemutakhiran data peserta didik calon peserta US/M di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik.  Verifikasi dan Validasi data  peserta didik yang menjadl calon Peserta Ujian dapat dilakukan dengan alamat  web https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/;


3.   Data hasil verifikasi data calon peserta UN dalam bentuk Oz.File dapat diunduh di http://pdun.data.kemdikbud.go.id diserahkan oleh sekolah kepada Operator Koorwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan setelah semua sekolah lenqkap baru diserahkan kepada Panitia US/M SD/Ml di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang paling lambat pada tanggal 12 Desember 2018 dengan alamat email: ozy_umar@yahoo.com;


4.   Panitia US/M di Kabupaten/Kota akan memproses Data Calon Peserta (DCP) yang diberikan sekolah untuk diproses ke Aplikasi Biodata Peserta Ujian Sekolah/Madrasah;




Menindaklanjuti surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, maka saya kali ini akan memposting tentang Cara Perubahan/Perbaikan Identitas Peserta Didik di VervalPD.



Permasalahan yang sering ditemukan adalah perbedaan identitas peserta didik dengan dokumen asli dan Aplikasi Dapodik di sekolah. Terjadi ketika penetapan DNS (Daftar Nominatif Sementara) siswa yang akan mengikuti Ujian Sekolah/ Ujian Nasional, dan bahkan sampai ke DNT (Daftar Nominatif Tetap) siswa. Ujung-ujungnya identitas peserta didik tidak beurbah dan bahkan salah.




Kesalahan tersebut dipengaruhi beberapa faktor, yang pertama ketika pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dokumen peserta didik tidak lengkap bahkan tidak ada karena belum beres dibuat di Kantor Kecamatan atau Dukcapil, kedua salah tulis guru oleh panitia PPDB, ketiga salah input oleh Operator di Aplikasi Dapodik.




Meminimalisir kesalahan tersebut, maka dihimbau guru dan operator untuk berhati-hati dalam menginput data peserta didik. Permasalahan yang sudah terlanjur, bisa kita ajukan perubahan data peserta didik di laman VervalPD Kemdikbud Login.




Untuk operator yang belum bisa login menggunakan laman ini, diharuskan registrasi terlebih dahulu melalui laman SDM-PDSPK Login Operator Baru, pada menu Registrasi Anggota, seperti gambar berikut:





Isi biodata operator sekolah, biodata sekolah, email sekolah dan passwordnya serta upload Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Operator oleh Kepala Sekolah berbentuk file PDF dengan ukuran maksimal 2MB dan klik tombol Registri.






Kemudian tinggal menunggu approval dari admin pusat, cek secara berkala link tersebut untuk mengetahui apakah pengajuan kita sudah di approv atau belum.





Setelah pengajuan/Approval operator sekolah disetujui, langkah selanjutnya klik tombol login di pojok sebelah kiri atas, dan akan dialihkan ke link berikut seperti gambar:






Isi username dengan email sekolah dan passwordnya yang telah didaftarkan sebelumnya kemudian klik tombol login.. tampilan berandanya seperti ini:





Menu yang terdapat di beranda VervalPD sebagai berikut:
1.    Home
2.    Referensi:
Terdapat daftar siswa aktif di sekolah dan siswa lulusan sekolah
3.    Belum memiliki NISN
Daftar siswa yang belum memiliki NISN
4.    Status Pengajuan Mutasi
Daftar siswa yang dalam proses pengajuan mutasi
5.    Data Invalid
Daftar keterangan siswa yang invalid di Aplikasi Dapodik Sekolah
6.    Edit Data
Menu pengajuan dan menu status pengajuan
7.    Logout / Tombol Keluar




Untuk pengajuan perubahan identitas peserta didik, kita klik menu nomor 6 menu Edit Data. Klik menu dan tanggal lahir dan akan muncul gambar seperti ini :






Untuk pemberitahuan dari Dinas setempat, kita klik tombol OK. Kemudian kita cari dan pilih siswa yang adan diajukan perubahan identitasnya klik OK.





Form yang bertanda *merah* wajib diisi kalau ada perubahan. Nama PD baru, tanggal lahir baru, tempat lahir baru, nama ibu kandung baru, upload scan Akta Kelahiran format JPEG, PNG kemudian klik tombol pengajuan perubahan.





Rekan operator yang melakukan pengajuan perubahan identitas peserta didik dihimbau untuk sesering mungkin membuka link ini, untuk melihat persetujuan/approval pengajuan perubahan identitas peserta didik di sekolah kita berhasil atau belum.




Status Pengajuan perubahan identitas peserta didik yang sudah berhasil, seperti gambar berikut:





Demikian, semoga rekan operator senantiasa dalam lindungan Allah SWT, dan semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengajuan Perbaikan Identitas Peserta Didik pada VervalPD"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel