Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2018


UPDATE Tahun 2020: Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2018 - Komitmen pemerintah untuk menjamin pendidikan anak usia sekolah di seluruh negeri bukan isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan dengan digelontorkannya dana pendidikan untuk siswa dalam yang dikemal dalam Program Indonesia Pintar. Sebenarnya, program ini merupakan kelanjautan dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang kemudian diubah nama dan sistemnya.


Para siswa penerima dana PIP dibuktikan dengan memiliki kartu PIP. Setiap siswa pemegang kartu PIP ini kemudian akan menerima bantuan pendidikan yang disalurkan via bank dan bisa diambil langsung via ATM ataupun via teller.


Ya, baru-baru ini sekolah juga dibuat kaget karena tiba-tiba dari pihak bank datang dengan menyerahkan buku rekening beserta kartu ATM nya dimana didalamnya berisi dana PIP untuk para siswa pemegang kartu KIP. Sehingga ada sebagian guru dan kepala sekolah yang bertanya-tanya pengiriman buku rekening dan ATM tersebut berdasarkan apa atau daftar siswanya mana.


Nah, bagi seorang operator sekolah harusnya ini tidak menjadi sesuatu yang mengherankan. Sebab, data tersebut diambil dari data siswa yang ada didapodik. Masih ingat kan, kalau para operator sekolah harus menginput nomor seri KIP/KPS/PKH yang dimiliki siswa pada isian data siswa dapodik? Nah itulah yang menjadi dasar penerbitan buku rekeing dan ATP dana PIP.


Lalu bagaimana cara mengetahui secara keseluruhan daftar penerima PIP? Hmmm.... mungkin tidak semua operator sekolah tahu ya??? Apalagi guru dan kepala sekolah. Hehehe....



Cara Mengetahui Daftar Penerima PIP Tahun 2020

Untuk mengetahui daftar penerima PIP tahun 2018, operator sekolah bisa mengunduhnya langsug dari situs PIPSD Kemdikbud. Ingat!!! Operator sekolah lho ya yang mengunduh, karena untuk mengunduh ini dibutuhkan username dan pasword yang dimiliki oleh para operator sekolah. Jadi, tidak bisa diunduh disembarang tempat. Caranya:

1. Silakan buka alamat http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/


2. Tampil seperti gambar dibawah ini, pilih tipe login Operator sekolah, kemudian masukkan

username dan pasword dapodik anda, masukan juga NPSN sekolah anda dan klik Login


3. Pada menu sebelah kiri, silkan klik Download Data, sehingga akan muncul data penerima PIP semua tahap seperti gambar di bawah ini.





4. Klik download, ya untu menguduh daftar penerima siswa dari setiap tahap silakan anda klik Download pada setiap tahapnya. Daftar penerima PIP akan terunduh dalam format Excel.


Nah itulah cara mengetahui daftar penerima PIP SD tahun 2020, sangat mudah tapi jarang tersentuh oleh operator sekolah. Gemana, apakan anda sudah mengunduh daftar penerima PIP di sekolah anda, kalau belum silakan unduh sekarang dan gunakan sebagai dasar kerja anda menuntaskan program PIP.






demikian postingan kali ini mengenai Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2020 semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog kami...


Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2018"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel