LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2019.c BAGIAN I


LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2019.c BAGIAN I -Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah telah meluncurkan Buku Panduan Teknis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c Buku tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c secara mandiri di sekolah. 

Melalui buku tersebut, diharapkan hal-hal yang terkait dengan ateri seputar implementasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dalam bentuk panduan.

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta memberikan pedoman yang jelas dalam cara penginputan dalam pembaharuan yang terdapat dalam aplikasi.

Didalam buku tersebut ada beberapa Bab yaitu; 1) Informasi Umum, 2) Instalasi Aplikasi Dapodik, 3) Deskripsi Perubahan, 4) Nilai.

Sistem pendataan Dapodikdasmen pada tahun pelajaran 2018/2019 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru yang diberi nama versi 2019.c. Secara sistem, pembaruan versi 2019.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Sebelum menginstal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c ini, harus memahai alur penggunaan aplikasi Dapodik.

Untuk Persiapan menginstal Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c, kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.     Unduh Aplikasi Dapodik
1. Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2. Klik menu Unduhan
3. Klik Unduh Installer

2.     Generate Prefill Aplikasi Dapodik
Link prefill untuk Dapodik versi 2019.c dikelompokan sesuai dengan provinsi masing-masing, setiap provinsi memiliki link prefill sebanyak lima jalur. Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut: 
b)     Pilih menu “DATA PREFILL”
c)     Pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
d)     Masukkan username, password, dan kode registrasi.
Link tautan prefill yang tersedia dan KODE WILAYAH, silahkan buka PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2019.c atau di  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Link Unduh Prefill Dapodikdasmen Versi 2019.c DISINI
Link Unduh Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c DISINI 

3.     Pengaturan Waktu dan Zona Pada Komputer
Langkah selanjutnya melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Waktu dan Zona di Set berdasarkan waktu sekarang dan zona Waktu Indonesia Barat (WIB) (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).



4.     Prorgam Pengamanan (Anti Virus) Dinonaktifkan
Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:
a)     Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
b)   Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan yaitu Windows Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.
c) Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan. Cara menonaktifkannya: 
 5.   Menyiapkan Kode Registrasi Dapodik
Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka petugas pendataan di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Petugas Pendataan Dapodik. Setelah mengambil kode registrasi sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan dan tercatat dengan baik serta tidak membagi/memberitahukan kode registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi kode registrasi sifatnya RAHASIA.

Untuk sekolah baru dan belum memiliki kode registrasi, prosedur untuk memperoleh kode registrasi Aplikasi Dapodik yaitu: a) Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K. b) Petugas pendataan melakukan registrasi atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Penugasan Petugas Pendataan (file dalam bentuk *.pdf). c) Petugas pendataan dapat mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K. d) Jika statusnya telah di-generate, maka petugas pendataan dapat melihat dan mengambil Kode registrasi pada laman
http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas. 

Demikian pemaparan tentang LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2019.c BAGIAN I. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2019.c BAGIAN I "

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel