Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2019



Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam atau yang disingkat EVADIR Tahun 2019. Instrumen Evadir Tahun 2019 masih banyak yang belum tau dan mengerti khususnya bagi sekolah, guru Agama dan operatornya di daerah termasuk saya.



Baru kemarin siang saya di WA sama temen operator, beliau menanyakan tentang bagaimana Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan agama Islam. Saya bengong dan baik bertanya, apa itu EVADIR?


Ternyata setelah saya dikiirim softfile Aplikasi Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam, kemudian saya mempelajarinya. Baru saya mengerti bahwa EVADIR adalah persamaan dari Penilaian Kinerja Pegawai (PKG) Pegawai Negeri Sipil bagi PNS yang di Dinas Pendidikan, yang nantinya nilai tersebut akan syncron/nyambung dengan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). Bedanya ini hanya dari Departemen Agama dan hanya untuk Guru Agama.


Naaaahhh sekarang bagaimana cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam tersebut?


Pertama, saya jelaskan arti dari EVADIR Tahun 2019. Evadir adalah Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam yang dibuat oleh Departemen Agama dan dibuat aplikasi, untuk diisi oleh kepala sekolah untuk meniai kinerja Guru PAI yang ada disekolahnya.



Selain kepala sekolah, biasanya operator sekolahpun harus ikut mengetahuinya karena biasanya yang menginput dan mengerjakan penilaian ini adalah opertor sekolah yang sudah bekerja sama dengan kepala sekolah yang mempunyai kewenangan menilai kinerja Guru PAI.


Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2019. Instrumen ini sudah dibuat aplikasi, jadi pengisiannya sangatlah mudah.



Pertama, dibagian beranda terdapat Menu; 1) IDENTITAS, 2) LAPORAN DAN PERSETUJUAN, 3) PENGISIAN EVALUASI DIRI, 4) REKAPITULASI HASIL EVALUASI DIRI, 5) CETAK LAPORAN.




Menu IDENTITAS berguna untuk pengisian identitas Guru, Sekolah, alamat sekolah, tanggal penginputan Evadir dll.

Menu LAPORAN DAN PERSETUJUAN untuk pengisian nama guru, kepala sekolah dan Pengawas PAI tingkat Kecamatan. Maksudnya ini adalah lembar persetujuan.


Menu PENGISIAN EVALUASI DIRI adalah menu untuk memasukan/menginput nilai Kinerja Guru PAI yang jumlahnya ada 37 kriteria Penilaian Kompetensi. Cara mengisinya hanya menginput Nilai 0, 1 atau 2 pada kolom sebelah kanan, nanti otomatis menjumlah sendiri. Keterangan Nilai; 0 (untuk tidak terpenuhi), 1 (terpenuhi sebagian), 2 (terpenuhi seluruhnya). Menu REKAPITULASI HASIL EVALUASI adalah menu rekap hasil dari menu Pengisian Evaluasi. tinggal dilihat rekap nilainya kemudian CETAK, seperti gambar dibawah.



Menu CETAK LAPORAN adalah menu hasil keseluruhan laporan yang sudah diinput sama kepala sekolah beserta operatornya, hasilnya adalah nilai sesuai Rumus dengan Acuan PERMENNEG PAN dan RB No. 16 Tahun 2009.



Itu sedikit penjelasan dari saya, selamat bekerja untuk rekan-rekan operator. yang kurang puas dengan penjelasan saya, mangga kritik dan saran yang membangun salurkan dibawah post ini.

  • Download Aplikasi EVADIR Tahun 2019, DISINI 





Demikian Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2019, Semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2019"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel