Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS 2019



Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS 2019 - E-RKAS 2019 merupakan aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang direkomendasikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS

Namun masih terdapat kendala teknis yang dihadapi oleh Bendahara BOS atau pun Operator Sekolah sebagai petugas input pada aplikasi e-RKAS.


Mulai dari v.1.22, v.1.26, v.1.29, v.1.30 dan versi terbaru erkas v.1.31. Kendala yang hadapi adalah perihal ketersedian komponen pada erkas yang tidak sesuai dengan keadaan sekolah yang berada di daerah. Paling menonjol adalah Komponen Guru Tidak Tetap Non PNS / Honorer dan Buku Kurtilas (Kurikulum 2013) dan ATK (Alat Tulis Kantor) Dana BOS.


Komponen Honorer hanya tersedia pada versi 1.22, inilah yang masalah dan membuat para operator jadi stress.



Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS 2019 Komponen Honorer yang tidak tersedia pada V.1.31 dan yang sudah terlanjur menggunakan V.1.22.


Yang sudah terlanjur menggunakan V.1.22 untuk input e-RKAS Backup hasil input e-RKAS pada V.1.22 dengan cara Klik quick access ketikan %appdata% buka folder ArtTeech
Copy file ” RKASclient2019 dan amankan

Backup e-RKAS Client

Setelah itu install eRKAS v.1.29 atau versi di atasnya Jika sudah selesai ”Jangan RUN”/hapus centangan pada Launch RKAS dulu karena akan aplikasi akan update ke versi terbaru.

Hilangkan centang pada Launch Aplikasi e-RKAS

Ulangi langkah ke 2, kembalikan BackUp-an “RKASclient2019” yang sudah kita copy
setelah selesai, jalankan erkas 2019. Aplikasi akan mengUpdate secara otomatis, seperti gambar dibawah:

Proses update aplikasi e-RKAS versi 1.29 otomatis ke 1.31
setelah semua beres, kita masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan pada aplikasi e-RKAS versi 1.22, sperti gambar dibawah:


Dan terakhir alhamdulillah muncul seperti gambar dibawah ini, dan tidak ada kendala.



Demikian pemaparan tentang Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS 2019, semoga bermanfaat dan SELAMAT MENCOBA. (sumber: mahadua.wordpress.com)



Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Kendala Pada Aplikasi e-RKAS 2019"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel