Cara Entri Penugasan GTK di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020


Cara Entri Penugasan GTK di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 - pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi cara memasukan penugasan guru dan tenaga kependidikan pada aplikasi dapodikdasmen Versi 2020 Semester 1 tahun pelajaran 2019-2020.



Pedoman Tabel Penugasan GTK

Tabel penugasan GTK di dapodik, untuk melengkapi data terkait penugasan guru di sekolah. Berikut ini pedoman dalam mengisi tabel penugasan GTK.


Nomor Surat Tugas

Nomor SK Penugasan Guru dan Tenaga Kependidikan, bagi GTK di sekolah induk, diisi dengan nomor SK Penugasan/Penempatan pertama kali di satuan pendidikan sekarang.
Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan dengan status sekolah non induk, diisi nomor sk pengangkatan atau pembagian tugas mengajar (bagi guru) yang terbit setiap tahun atau semester (paling baru).
Untuk GTK Warga Negara Asing, diisi dengan rekomendasi izin memperkerjakan tenaga asing (IMTA) dari Kemdikbud.


Tanggal Surat Tugas

Tanggal surat yang digunakan adalah sebagai dasar pengisian nomor surat tugas di atas.


TMT Tugas

TMT Tugas yang digunakan adalah sebagai dasar pengisian nomor Terhitung Mulai  Tugas.


Sekolah Induk

Penugasan GTK di satuan pendidikan sekarang, sebagai induk atau bukan.


Keaktifan PTK

Ceklis bulan untuk menyatakan keaktifan PTK pada bulan-bulan terkait, jika ptk tidak melaksanakan tugasnya, misalnya cuti, atau sakit, maka jangan di ceklis. Penceklisan ini sesuai dengan bulan berjalan.


Cara Entri Penugasan GTK di Aplikasi Dapodikdasmen

Tabel penugasan di dapodik, merupakan salah faktor yang berpengaruh terhadap sertikasi guru, jika tabel penugasan dapodikdasmen tidak diisi maka, sktp guru sertikasi tidak bisa diterbitkan dengan alasan GTK tersebut non aktif pada periode tersebut. Berikut ini cara mengisi penugasan GTK di dapodik.

Silakan login telebih dahulu aplikasi dapodik, pilih tab GTK lalu klik guru. Pada daftar nama guru, pilih satu persatu, kemudian klik pada penugasan.



Pada bagian penugasan, nomor surat tugas sudah terkunci otomatis, jika terdapat kesalahan silakan menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kota untuk memperbaikinya.


Selanjutnya silakan ceklis pada keaktifan GTK, untuk menghindari human error, atau pada periode berikutnya bisa saja anda lupa melakukan ceklis yang mengakibatkan invalid pada data guru sertikasi.



Setelah selesai ceklis keaktifan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, silakan klik simpan dan tutup. Lakukan hal tersebut pada setiap GTK yang terdaftar di aplikasi dapodikdasmen.


Demikian Cara Entri Penugasan GTK di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, semoga bermanfaat dan selamat bekerja.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Entri Penugasan GTK di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel