CARA AGAR DATA GTK CEPAT VALID TERBARU



Cara Agar Data GTK Cepat Valid – cetakan data GTK atau info GTK SKTP pada laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id (Info GTK v.2019.1.1) adalah salah satu syarat berkas pencairan Tunjangan sertifikasi guru atau TPG periode Juli s.d Desember 2019. Dituliskan di laman tersebut bahwa, info GTK/info validasi data guru fungsinya hanya untuk membantu agar menampilkan data dari sekolah, dan jika ada kesalahan proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing.




Dari tahapan awal mulai membuat akun PTK di aplikasi dapodik sekolah, syncronisasi dan cek info GTK/SKTP, memerlukan proses/waktu yang lumayan panjang. Kebanyakan masalah yang dialami operator sekolah adalah ketidaksesuaian antara data yang terbaru di sekolah dengan data di Badan Kepegawaian Negara (BKN).     



Untuk meminimalisir kesalahan sekecil apapun, admin akan sedikit berbagi mengenai Cara Agar Data GTK Cepat Valid dan tidak ada maslah.


Bagaimana caranya???


Cara ini khusus untuk yang Guru/PTKnya terkendala pada Pangkat/Perbedaan pangkat, SK pangkat terbaru belum terdeteksi oleh Badan Kepegawaian Negara/BKN.

Caranya:
1.      Login ke laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id (Info GTK v.2019.1.1) menggunakan username dan password GTK yang sudah dibuat pada aplikasi dapodik sekolah.




2.      Ketika sudah muncul seperti gambar dibawah danketerangan BELUM VALID, kita roll kebawah dan jika masalahnya pada poin 3 (tiga) tanda silang merah, maka tandanya (belum valid).




3.      Masalah tersebut disebabkan data GTK di dapodik sekolah lebih terbaru dari data BKN. Maka langkah selanjutnya.

4.      Klik tombol dibawah yang bertuliskan “click tombol ini untuk mengecek data pada Webservice BKN”




5.      Setelah muncul pemberitahuan, kita periksa data menganai pangkat GTK tersebut, jika sudah sesuai, maka klik tombol “OK





Setelah semua dilakukan, kita tunggu data agar berubah dan VALID kurang lebih 2 (dua) minggu kedepan.


Dalam hal ini, diharapkan operator dan guru yang bersangkutan mengikuti juknis dan cara/trik yang sudah di sosialisasikan oleh dinas kabupaten setempat, agar kesalahan tidak terjadi dan berlarut-larut.


Demikian penjelasan dan Cara Agar Data GTK Cepat Valid yang sangat sederhana ini, terima kasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk rekan-rekan yang sama permasalahannya dengan yang admin alami.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "CARA AGAR DATA GTK CEPAT VALID TERBARU"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel