CARA CEK NISN PESERTA DIDIK



CEK NISN PD


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


NISN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah. NISN diberikan pada siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA.


a.   Pengertian NISN
Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.


Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id./).


b.   Tujuan dan Manfaat NISN
Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.


Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.


Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


Kali ini admin akan berbagi sedikit ilmu bagaimana cara cek NISN Peserta Didik yang pindah/mutasi ke sekolah kita, dengan catatan peserta didik tersebut tidak/belum membawa bukti terkait kepemilikan NISN.


Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)? Untuk mengetahui NISN peserta didik ikuti langkahnya seperti dibawah:


CARA CEK NISN PESERTA DIDIK
1.    Buka link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, klik menu DATA SISWA



2.    Pilih Pencarian NISN anak pada Menu tersebut, 1) Pencarian Berdasarkan NISN, 2) Pencarian berdasarkan Nama


3.    Sehubungan dengan tujuan kita akan mencari/cek NISN, maka kita pilih menu Pencarian Berdasarkan Nama

4.    Isikan pada kolom kososng; Nama siswa, Tempat lahir siswa, Tanggal lahir siswa (dengan format, dd/mm/yyyy), nama ibu.

 
Form Isisan Pencarian NISN


5.    Terakhir Klik Tombol CARI dibawah..


Jika peserta didik tersebut sudah memiliki NISN, maka otomatis akan keluar data yang kita minta dan isikan pada kolom kosong tadi. Sehingga ketika misalnya data anak tersebut tidak ada sama sekali dan kita terpaksa harus input manual pada aplikasi dapodik, tidak membuat data anak tersebut menjadi doble/ganda/tumpang tindih.


Apabila setelah pencarian, dan ternyata NISN peserta didik tidak keluar, berarti peserta didik tersebut belum mempunyai NISN.


Demikian mengenai sedikit pengalaman admin tentang CARA CEK NISN PESERTA DIDIK, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mudah-mudahan OPS selalu di Rahmati Allah SWT. Amin.


Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "CARA CEK NISN PESERTA DIDIK"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel