Download Instrumen Supervisi Pembelajaran Guru Kurikulum 2013 SD




SDN SOBANG 1, Supervisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti Pengawasan Utama; pengontrolan. Sedangkan dalam konteks Pendidikan, Supervisi adalah segala bantuan dari para pemimpin sekolah, yang tertuju pada perkembangan kepemimpinan guru-guru dan personal sekolah lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan.





Supervisi ini berupa dorongan, bimbingan, dan kesempatan bagi pertubuhan keahlian dan kecakapan guru-guru, seperti bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran, pemilihan alat-alat pelajaran dan metode pengajar yang lebih baik, cara penilaian yang sisitematis terhadap fase seluruh proses penalaran, dan sebagainya (Herabudin. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia).






Sedangkan supervisi pembelajaran secara etimologi sering diartikan sebagai serangkaian bantuan usaha dari guru. Terutama bantuan yang berwujud layanan profesional yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan pengawasan serta supervisor lainnya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar (Sudarwan, Danim. dan Khairil. 2012. Profesi Pendidikan Bandung: Alfabeta).



Sehingga sangat jelas bahwa supervisi ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran kemudian dicarikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Supervisi dilaksanakan oleh Supervisor, dalam supervisi pembelajaran, supervisor bisa diperankan oleh kepala madrasah, pengawas madrasah, atau pihak-pihak lain yang mengerti serta memahami tentang pembelajaran itu sendiri.






Berikut adalah contoh Instrumen Pembelajaran yang menggunakan Kurikulum tahun 2013, silahkan di unduh melalui tautan berikut:





Demikian informasi tentang Download Instrumen Supervisi Pembelajaran Guru Kurikulum 2013 SD, Semoga ada manfaatnya. (sumber: https://kamimadrasah.blogspot.com/)



Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Download Instrumen Supervisi Pembelajaran Guru Kurikulum 2013 SD"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel