Download Kisi-kisi Pretest PPG Tahun 2020 PEJARINGAN BAKAT DAN MINAT


Download Kisi-kisi Pretest PPG Tahun 2020 PEJARINGAN BAKAT DAN MINAT - Upaya menyiapkan guru-guru profesional salah satunya adalah dengan pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan.







Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.





Program Pendidikan Profesi Guru diharapkan akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.



Program PPG Dalam Jabatan diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan.





Secara umum, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.



Sistem pembelajaran dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup perkuliahan, praktikum, dan praktek penggalaman lapangan yang diselengarakan dengan pemantauan langsung secara insentif oleh dosen yang ditugaskan khusus untuk kegiatan tersebut serta dinilai secara objektif dan transparan.




Perkuliahan praktikum dan praktek pengalaman lapangan dilaksanakan secara tatap muka dan berorientasi pada pencapaian kompetensi merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menulis hasil pembelajaran, menindaklanjuti hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan pada pelatih.




Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).




Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi atau jurusan penyelenggara, sedangkan ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi atau jurusan dengan melibatkan organisasi profesi maupun pihak eksternal yang profesional dan relevan.




Peserta yang lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.




Program Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) akan dimulai dengan melaksanakan seleksi administrasi bagi guru yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tahun 2017 sebanyak 26.298 orang.




Selain itu, Dirjen GTK juga akan melakukan verifikasi serta validasi ulang untuk guru yang dinyatakan lulus administrasi, tetapi belum ditetapkan sebagai peserta PPG tahun 2019 sebanyak 38.457 orang.




Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2020 sebagai upaya untuk mengetahui capaian kompetensi awal peserta PPG.




Hasil pretest tersebut nantinya akan digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).




Di dalam membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi pretest PPG Dalam Jabatan tahun 2020, berikut ini admin bagikan kisi-kisi dan latihan soal pretest PPG Dalam Jabatan.




Kisi-kisi dan latihan soal ini dapat memberikan gambaran tentang bentuk soal pretest PPG Dalam Jabatan tahun 2019 yang nantinya akan Anda kerjakan.





Berikut link download/unduh Kisi-kisi Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2020 melalui tautan berikut:




Demikian Download Kisi-kisi Pretest PPG Tahun 2020 PEJARINGAN BAKAT DAN MINAT, semoga bermanfaat dan jangan lupa share/bagikan ke yang lain apabila informasi ini penting. Selamat mengikuti Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2020 dan semoga sukses. Amiiinnn.


Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Download Kisi-kisi Pretest PPG Tahun 2020 PEJARINGAN BAKAT DAN MINAT"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel