INTEGRASI DAPODIK DAN DUKCAPIL



Dashboard Integrasi Dapodik dan Dukcapil dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi dan validasi yang berasal dari 2 (dua) sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik dan Sistem Dukcapil) yang terintegrasi







Dalam dashboard integrasi Dapodik dengan Dukcapil untuk data peserta didik, diklasifikasikan menjasi 3 (tiga) (Integrasi, Residu Dapodik, dan Residu Dukcapil).


DASHBOARD PENGELOLAAN DATA PESERTA DIDIK



Untuk terintegrasinya data pendidikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai salah satu acuan sinkronisasi Data Pendidikan.


Dashboard pengelolaan Data Peserta Didik dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik). Referensi Data Peserta Didik berisi informasi peserta didik pada Satuan Pendidikan, Kab/Kota, dan Provinsi di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Serta untuk melihat Residu data peserta didik yang masih memerlukan perbaikan.


Variabel data master referensi peserta didik yang perlu dilakukan verifikasi validasi, yaitu: NISN, Nama, Tempat Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin dan NIK.



Proses verifikasi dan validasi data peserta didik yang dilakukan oleh setiap operator sekolah melalui lama: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.





Untuk melihat INTEGRASI DAPODIK DAN DUKCAPIL, ikuti langkah berikut ini:

a.   Login ke laman: http://pd.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun Dapodik sekolah





b.  Terdapat 2 (dua) Dashboard, Dashboard Pengelolaan Data peserta didik dan Dashboard pengelolaan Dapodik dan Dukcapil

c.   Pada dashboard pengelolaan peserta didik terdapat beberapa menu, yaitu:

Rangkuman: peserta didik yang sudah memiliki NISN, belum NISN dan Total serta peserta didik tingkat akhir (kelas 6);

Peserta didik tingkat akhir: terdapat list lengkap identitas peserta didik tingkat akhir, dari mulai NIK, NISN dan sebagainnya;

Peserta didik: terdapat list nama peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada sekolah kita dengan keterangannya;

Residu: terdapat list nama peserta didik sekolah kita dengan tanda silang merah (x) dan centang biru (), keterangannya NIK Ganda atau NISN Ganda.






d.  Pada dashboard pengelolaan Dapodik dan Dukcapil, terdapat menu sebagai berikut:

Beranda: terdapat list nama peserta didik dengan dengan keterangan dari mulai NIK, NISN, taggal lahir, nama ibu kandung dan jenis kelamin. Dimana ada tanda yang berbeda ketika salah satu peserta didik teridentifikasi tidak sama antara dapodik dengan dukcapil;

Integrasi: data Dapodik yang terintegrasi secara sistem terkait dengan data peserta didik yang tercatat di Dapodik berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil. Artinya ketika ada tanda warna yang berbeda dengan yang lain, peserta didik tersebut diidentifikasi antara Dapodik dengan Dukcapil tidak sama datanya;

Residu Dapodik: data peserta didik di Dapodik yang belum berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil. Artinya masih sama seperti menu integrasi;




Jadi kesimpulannya adalah ketika masih ada data peserta didik yang tidak sesuai atau berkoresponden antara data di Dapodik dan Dukcapil, maka segera perbaiki.



Bagaimana cara memperbaikinya??? Baca postingan >> Cara Memperbaiki Identitas Peserta Didik pada VervalPD



Demikian mengenai INTEGRASI DAPODIK DAN DUKCAPIL yang sederhana ini, semoga bermanfaat dan selamat bekerja semoga sukses.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "INTEGRASI DAPODIK DAN DUKCAPIL"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel