DOWNLOAD BUKU PANDUAN VERVAL PESERTA DIDIK



Download Buku Panduan Verval Peserta Didik (Integrasi Verifikasi Validasi Peserta Didik) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Buku Panduan (userguide) Verval Peserta Didik Integrasi Verifikasi Validasi Peserta Didik pada laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id.



Buku panduan (userguide) tersebut diluncurkan dengan seiringnya perubahan pada aplikasi dengan yang sekarang versi 2.0. Beberapa perubahan yang terjadi yaitu diantaranya, tampilan dan cara edit verval peserta didik yang mungkin belum familier/kurang dimengerti oleh rekan-rekan Operator Sekolah.

Kali ini SDN SOBANG 1 akan sedikit mengupas mengenai perubahan-perubahan yang terjadi pada MENU aplikasi vervalPD versi 2.0 yang telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PDSPK Manajemen Data Peserta Didik.

Menu-menu pada aplikasi versi 2.0 laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diantaranya:

1.  BERANDA Dashboard Nama Sekolah, yang memuat:

RESIDU PESERTA DIDIK: Terdapat Grafik Perbandingan antara Data Peserta Didik Valid dan Data Peserta Didik Tidak Valid (Residu).

GRAFIK PENGAJUAN PERUBAHAN DATA: Data dinyatakan Tidak Valid dikarenakan ada variabel yang kosong/ tidak diisi atau pengisian tidak benar dan mengandung spesial karakter. Terdapat Grafik Perbandingan antara: Total Pengajuan Perubahan Data, Jumlah Perubahan Data Disetujui, dan Jumlah Perubahan Data Ditolak.

HISTORIC WORLD POPULATION BY REGION: Perbandingan jumlah peserta didik  laki-laki dan perempuan per tingkat dan bisa di Print dan Download diagram/ chart dalam bentuk file PNG/ JPG/PDF dll.


2.  PESERTA DIDIK:
Menu Peserta Didik berisi variabel master peserta didik seperti NISN, NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin, dan Tingkat.

Terdapat Kolom Pencarian, digunakan untuk mencari data peserta didik. Cukup memasukkan beberapa karakter menurut variabel yang dicari.

Penjelasan:
a)       Apabila pada tabel NISN berwarna kuning, berarti peserta didik tersebut belum memiliki NISN
b)       Apabila pada tabel NIK berwarna merah, berarti peserta didik tersebut belum mengisikan NIK
c)        Icon Peserta Didik apabila di ‘klik’ maka akan dialihkan ke halaman “Profil Siswa”


3.  RESIDU:
Menu Residu berisi tabel kelengkapan variabel data peserta didik. Apabila data peserta didik sesuai maka akan dicentang warna hijau. Namun apabila data peserta didik tidak sesuai/ kosong maka akan disilang merah.


4.  EDIT NISN
Pada Menu Edit NISN terdapat penjelasan cara edit NISN dengan Pilih Siswa pada kolom daftar siswa yang akan di edit NISNnya atau yang akan di klaim NISNnya.

Setelah  dipilih  siswa  yang  akan  di  edit  NISNnya,  kemudian  muncul    tabel  Data NISN Saat Ini yang berada  di  arsip.  Data-data  tersebut  meliputi;  NISN,  NIK,  Nama  siswa,  Tempat  Lahir,  Tanggal  Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin.


5.  EDIT IDENTITAS
Pada Pilih  Menu  Edit  Identitas terdapat penjelasan cara pilih  Nama Siswa pada kolom Daftar Siswa yang akan di edit data variabel identitasnya. Dengan penjelasan yang lain hingga cara upload berkas pendikung.


Sebelum rekan-rekan Operator melakukan verifikasi dan validasi data siswa pada laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/verval/ alangkah baiknya terlebih dahulu membaca dan memahami Buku Panduan (userguide) Verval Peserta Didik sehingga meminimalisir kesalahan sekecil apapun.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Buku Panduan Verval Peserta Didik (Integrasi Verifikasi Validasi Peserta Didik) melalui tautan berikut ini:



Link download/unduh Download Buku Panduan Verval Peserta Didik (Integrasi Verifikasi Validasi Peserta Didik) >> DISINI <<


Demikian postingan mengenai Download Buku Panduan Verval Peserta Didik (Integrasi Verifikasi Validasi Peserta Didik) yang sederhana ini, semoga bermanfaat dan selamat membaca SALAM SATU DATA.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD BUKU PANDUAN VERVAL PESERTA DIDIK"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel