EDIT IDENTITAS SISWA DI VERVALPD TERBARU 2019



Cara Edit Identitas Siswa di vervalPD Terbaru 2019 - Pada bulan November tahun 2019 PDSPK telah mempublikasikan situs Verval PD yang baru. Situs verval yang dikembangkan Manajemen Data Peserta Didik sekarang berubah ke Versi 2.0, PDSPK 2019, website tersebut secara resmi menjadi wadah pendataan untuk perbaikan data peserta didik tahun pelajaran 2019-2020 dan tampilannya pun sekarang jauh lebih menarik.


vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id merupakan situs login Verval PD terbaru, semua kesalahan data siswa pada dapodik sekolah hanya bisa diperbaiki melalui laman tersebut. Melalui Situs Verval PD inilah semua perbaikan data siswa diproses. Adapun data yang diperbaiki terdiri dari :
  • Nama siswa
  • Tempat Lahir
  • Tanggal lahir
  • NISN
  • Nama Orang Tua
  • NIK

  
Tentunya kita sebagai Operator Sekolah (OPS) dan salah satu tugasnya adalah memvalidkan data siswa, mulai dari nama hingga NIK siswa merupakan tanggung jawab pekerjaan operator sekolah.

Tampilan pada menu-menu di laman vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id tidak banyak mengalami perubahan, namun tampilan dan proses perbaikan atau perubahan data siswa berbeda dari tampilan sebelumnya.

Untuk mengantisipasi dan mempersiapkan Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan, kita diharuskan memperbaiki data siswa kelas VI (enam) karena masih ada kemungkinan banyak data siswa yang  salah. Seperti kita ketahui bahwa di aplikasi dapodik data siswa  yang bisa di edit dan di ubah hanya nama ayah sedangkan nama siswa, NISN, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu, dan jenis kelamin itu hanya bisa diperbaiki melalui situs Verval PD.

Bagaimana Cara Edit Identitas Siswa di vervalPD Yang Harus Operator Lakukan ???

Pada menu pengelolaan ini operator sekolah bisa memperbaiki Edit Identitas siswa yang salah berdasarkan panduan berikut:

Cara Edit Identitas Siswa di vervalPD Terbaru Tahun 2019

Cara Edit Identitas Siswa pada laman Verval PD yang baru dengan contoh kasusnya adalah NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang.

Berikut ini langkah-langkahnya Cara Edit Identitas Siswa


1.   Masuk ke situs VervalPD terbaru pada Link  http://pd.data.kemdikbud.go.id/verval/
Klik Menu Login yang ada dipojok kanan atas tampilan  seperti gambar berikut!


2.   Selanjutnya kita akan diarahkan ke kolom username dan password seperti biasanya pada Verval PD yang lama. Silahkan masukan Username dan passwordnya serta jangan lupa Login.



3.   Kemudian klik menu Edit Identitas dan pilih siswa atau ketikkan nama siswa yang akan di edit Identitas-nya pada kolom Daftar Siswa.




4.   Jika kita akan memperbaiki data nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu, pilih pada menu pengelolaan dan pilih menu edit identitas seperti gambar berikut ini !



5.   Kemudian akan muncul tampilan nama siswa atau kalian bisa mengetik nama siswa yang akan diubah dimenu pencarian dengan icon kaca pembesar. Jika sudah melakukan pencarian dan ketemu dengan nama yang dimaksud maka akan tampil lagi kolom seperti berikut. Pada kolom ini, terdiri dari Variabel data lama dan data baru, pada kolom BARU ini kita akan memperbaiki data yang salah. Lanjutkan dengan mengklik menu VALIDASI jika data sudah diubah.



6.   Langkah terakhir Upload Foto Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) siswa (dalam bentuk file JPEG atau PNG)  yang akan diperbaiki dengan mengklik menu Browse. Setelah Foto tampil klik  UPDATE DATA. selesai.




Catatan : Tunggu sampai admin pdspk mengaprove perubahan Identitas Siswa. Kemudian jika telah di aprove lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik agar data siswa berubah.



Demikian tentang Cara Edit Identitas Siswa di vervalPD Terbaru Tahun 2019 semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke rekan-rekan yang lain agar lebih bermanfaat. Salam satu data.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "EDIT IDENTITAS SISWA DI VERVALPD TERBARU 2019"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel