CARA BAYAR PAJAK BOS TAHUN 2020





Cara Bayar Pajak BOS Tahun 2020 – Sebelumnya admin telah memposting mengenai Bayar Pajak Harus Menggunakan e-Fin. Kali ini admin mau berbagi pengalaman mengenai cara bayar pajak BOS Sekolah pada tahun 2020 ini. Biasanya sekolah membayar pajak PPh 21 dan PPN pembelian barang, untuk cara input bayar pajak BOS Sekolah PPN dan PPh 21 baca caranya (disini   

Kenapa admin memposting Cara Bayar Pajak BOS Tahun 2020 ini???

Karena, bayar pajak BOS sekolah pada tahun 2020 BEDA !!! tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.


Admin flasback alias mundur dulu ke belakang, kalau dulu/tahun sebelumnya, bayar pajak online BOS sekolah dilakukan/diinput oleh Operator/Bendahara sekolah via laman https://sse3.pajak.go.id/ dengan cara dibuatkan SSP nya, kemudian disetor melalui kantor POS atau Bank.

Sekarang semua itu tidak bisa gaaannn…. link tersebut sudah ditutup.


Oke dech… langsung saja kita ke Cara Bayar Pajak BOS Sekolah Tahun 2020, ikuti langkah-langkahnya dibawah berikut ini…..


Sebelum bayar pajak BOS Sekolah secara online, terlebih dahulu kita harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Kalau daerah Pandeglang, berarti kita ke KPP Pratama Pandeglang jangan ke yang lain loooo… hehe….


Mungkin ada yang bertanya-tanya, mau bayar pajak online ko harus ke KPP sih?? Jauh amat… Kenapa kita harus datang ke KPP Pratama, karena sebelum bayar pajak online, kita harus mempunyai e-FIN (Electronic Filing Identification Number) terlebih dahulu, kecuali Bendahara BOS sekolahnya sudah mempunyai e-FIN, itu lain lagi ceritanya bosque….


Bayar pajak BOS Sekolah online sekarang harus menggunakan e-FIN, jika tidak, kita tidak akan bisa bayar pajak pribadi maupun badan. Berikut admin berikan gambar lembaran e-FIN punya sekolah admin sendiri dibawah ini:

Kartu e-FIN


Untuk lebih jelasnya mengenai e-FIN, baca postingannya (disini) 
   
LANGKAH 1: Setelah mendapatkan e-FIN (Electronic Filing Identification Number) dari KPP terdekat, silahkan bendahara/ops klik laman https://djponline.pajak.go.id/account nanti muncul seperti gambar dibawah:

BERANDA DJP ONLINE PAJAK

LANGKAH 2: Sehubungan kita belum mempunyai akun/belum pernah registrasi, maka kita klik menu (Belum Registrasi) dan akan muncul seperti gambar dibawah:

KLIK "BELUM REGISTRASI"

LANGKAH 3: Isikan form/kolom yang kosong sesuai perintah yaitu, NPWP sekolah tanpa tanda titik (.) atau strip (-), Nomor e-FIN, dan kode keamanan yang berwarna merah. Untuk kode keamanan jangan sampai salah satupun, besar atau kecilnya. Jika masih kebingungan, lihat petunjuk pengisian yang berada di sebelah kiri layar. Setelah semua benar, klik tombol SUBMIT.

FORM REGISTRASI

LANGKAH 4: Setelah itu muncul data pribadi kita, bendahara BOS Sekolah, input kembali data kita yang terbaru seperti Nomor Handphone, email dan password. Usahakan menggunakan nomor handphone, email yang aktif dan password yang mudah diingat/sering dipakai. Konfirmasi/ulangi kembali password pada form konfirmasi password, kemudian klim SIMPAN.


Jika registrasi kita berhasil, akan keluar pemberitahuan bahwa Registrasi Berhasil dan silahkan cek email kita untuk melakukan proses aktivasi selanjutnya.


LANGKAH 5: Selanjutnya cek email masuk di akun email yang yang kita daftarkan tadi, biasanya bertuliskan efilling (DJP Onlien) Aktivasi. Klik link yang tulisannya berwarna biru, setelah itu ada pemberitahuan/konfirmasi bahwa “Aktivasi akun BERHASIL silahkan klik tombol OK untuk ke menu login”.


LANGKAH 6: Menu beranda login awal, seperti gambar pada langkah No 1. Input kembali NPWP Bendahara BOS sekolah, password yang sudah didaftarkan, serta kode keamanan yang berwarna merah, kemudian klik tombol “LOGIN”.


Ketika sudah masuk ke benada ebilling, kita klik tombol “ebilling” yang ada diatas sebelah kanan layar, seperti gambar.

BERANDA EBILLING


LANGKAH 7: Langkah selanjutnya, tinggal kita isikan form kosong untuk membuat ebilling pajak. Membuat/mengisi ebilling pajak langkahnya masih seperti pembuatan ebilling yang dulu/lama. Jadi tidak harus admin jelaskan ya gaannnn…. Udah pada tau dan ngerti ko…. Hehehe….


FORM SSP


Catatan: cetakan ebilling ini untuk disetorkan ke kantor POS atau bank ketika kita akan membayar pajak BOS sekolah.


Demikian penjelasan Cara Bayar Pajak BOS Tahun 2020 yang berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih, PAJAK KITA UNTUK KITA dan salam SEKOLAH DASAR

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "CARA BAYAR PAJAK BOS TAHUN 2020"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel