CARA VERIFIKASI VALIDASI NISN LULUSAN SMA SMK MA Ulya


SDN SOBANG 1


Cara Verifikasi Validasi NISN Lulusan SMA SMK MA Ulya - Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.


Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./)



Tujuan dan Manfaat NISN


  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.



Dikarenakan pentingnya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) saat ini digunakan sampai dengan jenjang perguruan tinggi, namun ada yang mengalami ternyata NISN yang tercantum pada ijazah tidak tampil pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id. bahkan ada yang memang belum memiliki NISN.


Lalu solusinya bagaimana untuk peserta didik lulusan SMA/SMK/MA/Ulya yang memang belum memiliki NISN, silahkan lakukan VerVal NISN melalui laman Verifikasi dan Validasi NISN Lulusan SMA/SMK/MA/Ulya dengan langkah-langkah sebagai berikut:



CARA VERIFIKASI VALIDASI NISN LULUSAN SMA SMK MA Ulya


1.    Kunjungi laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ dan klik linknya seperti gambar dibawah




2.    Lengkapi isian Identitas dengan benar dan lengkap sesuai dokumen yang ada, tuliskan jika memiliki NISN (opsional), kosongkan saja bila memang belum memiliki NISN. Selanjutnya isikan NIK, Nama (sesuai ijazah), Email Aktif, Tempat lahir (sesuai ijazah), Tempat Lahir (sesuai ijazah), Tanggal lahir (sesuai ijazah), dan seterusnya.




3.    Selanjutnya isikan Profil Lulusan dengan benar sesuai ijazah mulai dari tahun ajaran lulus, nama sekolah lulusan, dan upload file File scan Ijazah dalam format PDF, JPG, JPEG, PNG. Max 2 MB. Kemudian klik "AJUKAN"



Demikian postingan kali ini mengenai Cara Verifikasi Validasi NISN Lulusan SMA SMK MA Ulya, jangan lupa share/bagikan ke alumni/lulusan Bapak/Ibu Guru, rekan-rekan Operator. Semoga bermanfaat dan Salam SEKOLAH DASAR.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "CARA VERIFIKASI VALIDASI NISN LULUSAN SMA SMK MA Ulya"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel