PETUNJUK PELAKSANAAN TKD TAHUN 2020 MELALUI KUNJUNGAN RUMAH




Tes Kemampuan Dasar (TKD) Tahun 2020 - Tes Kemampuan Dasar (TKD) , merupakan ujian bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Materi yang diujikan adalah Membaca, Menulis dan Berhitung. Sebagaimana yang diajarkan pada kelas kecil, prioritas dalam pencapaian target adalah kemampuan calistung yang merupakan bekal untuk melanjutkan di kelas besar (kelas IV, V, dan VI).

Di sini siswa di uji kemampuan membaca, menulis dan berhitung.


A. Membaca
Pada era globalisasi seperti sekarang ini telah terjadi kemajuan yang sangat pesat pada bidang teknologi informasi. Kemajuan itu menuntut dukungan budaya baca tulis, yaitu perwujudan perilaku yang mencakup kemampuan, kebiasaan, kegemaran, dan kebutuhan baca tulis.

Namun hingga saat ini budaya baca tulis belum sepenuhnya berkembang di masyarakat Indonesia. Karena itu jika bangsa Indonesia ingin berhasil dalam pembangunan di masa depan, pengembangan budaya baca tulis mutlak diperlukan.

B. Menulis
Siapa pun sebetulnya berpotensi menjadi penulis. Buktinya, setiap orang bisa menulis diary-nya dengan lancar, runtut, baik, ekspresif, artikulatif. Ketika orang menulis diary-nya sendiri, ia dalam situasi psikologis yang bebas, tidak merasa sedang diancam oleh siapa pun. Ia memosisikan kegiatan penulisan diary-nya sebagai kegiatan ekspresi personal yang tak memerlukan penilai dan pemberi sanksi. Toh, sebuah diary tak akan dibaca orang. 

Karena itulah ia bisa menulis dengan baik. Tetapi ketika penulis diary itu mulai menulis artikel atau laporan yang akan dibaca orang, maka jadilah ia penulis yang tersendat-sendat, ekspresinya macet, sulit meruntutkan gagasan, artikulasinya terhambat, dan kerap kali gagal. Sebabnya, ketika menulis, mereka mereposisi sindiri menjadi individu yang terkerangkeng oleh hantu ancaman yang dibentuknya sendiri. Reposisi inilah yang keliru. Jadi, kuncinya adalah pada beban psikologis sebagai pemilik gagasan.

C. Berhitung
Berhitung merupakan kemampuan yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik ketika membeli sesuatu, membayar rekening listrik, dan lain sebagainya. Tidak diragukan lagi bahwa berhitung merupakan pekerjaan yang kompleks yang di dalamnya melibatkan membaca, menulis, dan keterampilan bahasa lainnya. kemampuan untuk membedakan ukuran-ukuran dan kuantitas relatif dan obyektif. kemampuan untuk mengenali urutan, pola, dan kelompok. Ingatan jangka pendek untuk meningat elemen-elemen dari sebuah soal matematika saat mengerjakan persamaan. kemampuan membedakan ide-ide abstrak, seperti angka-angka negatif, atau system angka yang tidak menggunakan basis sepuluh.

Meskipun banyak masalah yang mungkin turut mempengaruhi kemampuan untuk memahami, dan mencapai keberhaislan dalam pelajaran matematika. Istilah ‘dyscalculia’, biasanya mengacu pada pada suatu problem khusus dalam menghitung, atau melakukan operasi aritmatika, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Sehubungan dengan telah dikeuarjkannya Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (Covid19) maka Kelompok Kerja Pengawas (KKP) Kabupaten Pandeglang telah mengeluarkan Juknis Tes Kemampuan Dasar (TKD) yaitu melalui kunjungan rumah, sebagai berikut:


Berikut PETUNJUK PELAKSANAAN TEST KEMAMPUAN DASAR (TKD) MELALUI KUNJUNGAN RUMAH:

1.    Naskah soal Test Kemampuan Dasar (TKD)  akan diantarkan oleh Guru ke rumah orang tua /wali siswa pada  hari sabtu tanggal 4 April 2020 apabila tidak selesai pada hari itu dilanjutkan pada hari Minggu, 5 April 2020.

2.    Naskah soal diterima oleh siswa wajib didampingi/disaksikan oleh orang tua/wali siswa , selanjutnya guru menjelaskan cara mengerjakan soal Test Kemampuan Dasar (TKD)

3.    Ketika siswa mengerjakan soal, orang tua wajib mendampinginya.

4.    Waktu mengerjakan soal, sesuai jadwal sebagai berikut:
 
5.    Pada waktu test membaca cepat, orangtua/wali wajib mendampingi dan menghitung jumlah kata dalam watu 1 (satu) menit dan hasilnya dilaporkan ke sekolah.

6.    Naskah sol TKD akan diambil oleh guru pada hari Kamis tangga 9 April 2020, dan apabila tidak selesi pada hari tersebut akan diambil pada hari berikutnya.

7.    Apabila ada hal perlu ditanyakan, bisa langsung menayakan ke guru melalui,Telepon, SMS,Wast app.dan guru wajib memberikan no HP nya.


Untuk lebih jelasnya silahkan unduh/download JUKNIS PELAKSAAAN TES KEMAMPUAN DASAR (TKD) MELALUI KUNJUNGAN RUMAH melalui link dibawah berikut:


Demikian informasi mengenai PETUNJUK PELAKSANAAN TKD TAHUN 2020 MELALUI KUNJUNGAN RUMAH semoga ada manfaatnya dan terima kasih, #salamSEHAT

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "PETUNJUK PELAKSANAAN TKD TAHUN 2020 MELALUI KUNJUNGAN RUMAH"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel