Contoh dan Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS


Sebelumnya admin telah memposting Contoh Format BP-Kas (Buku Pembantu Kas) sebagai salah satu administrasi BOS. Kali ini admin kembali membagikan Contoh dan Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS adalah salah satu pelengkap administrasi BOS dan sebagai persayratan pencairan Dana BOS Tahap 2, Triwulan 2, Caturwulan 2 Tahun 2020.

Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) merupakan salah satu bentuk administrasi Laporan Pertanggung jawaban BOS Sekolah yang harus di siapkan oleh Bendahara BOS Sekolah.
Contoh dan Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS
Berikut adalah Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 dan Perubahan Anggaran Juknis BOS Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020.


SPTJB (Surat Pernyataan Tanggung Jawab) Dana BOS

Dalam format tersebut diketahui bahwa Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) memuat identitas laporan yang terdiri dari Nomor dibuatnya laporan, nama satuan pendidikan, kode organisasi, nomor tanggal DPA-SKPD.

Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) juga memuat kalimat pernyataan tanggung jawab secara formal dan material atas kebenaran perhitungan dan setoran pajak yang telah dipungut atas penggunaan Dana BOS pada Triwulan, Caturwulan, Tahap berjalan pada sekolah tersebut.

Selain itu Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) juga memuat jumlah penerimaan, pengeluaran dan sisa/saldo yang dituangkan dengan nominal angka pada caturwulan, tahap, triwulan berjalan Dana BOS tersebut.
Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) juga memuat kalimat pernyataan tanggung jawab terhadap bukti-bukti sebagai kelengkapan administrasi BOS untuk keperluan pemeiksaan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan, Format SPTJB dibubuhi materai dan ditanda tangani oleh pejabat/kepala satuan pendidikan.

Berikut dibawah ini contoh gambar Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) sekolah admin dan mudah-mudahan sebagai gambaran Tim Managemen BOS Sekolah serta rekan-rekan OPS:

CONTOH FORMAT SPTJB CATURWULAN

CONTOH FORMAT SPTJB TRIWULAN

Contoh dan Cara Pengisian Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) mengacu pada transaksi penerimaan dan pengeluaran belanja yang sudah dicatat oleh Bendahara dan Tim Managemen BOS Sekolah. Untuk cara pengisiannya dapat disimak berikut ini:
A.   Penerimaan:
Diisi sesuai penyaluran Dana pada tahap, triwulan, caturwulan berjalan dan jumlah total penerimaan/penyaluran Dana BOS tersebut.
B.   Pengeluaran Dana BOS:
Diisi jumlah pengeluaran pada kode rekening jenis belanja (Pegawai, Barang dan Jasa, serta Belanja Modal) Dana BOS yang dijumlahkan.   
C.   Sisa/Saldo Dana BOS
Penerimaan dikurangi Pengeluaran Belanja (A-B), saldo tersebut di terangkan/dituangkan dengan keterangan Slado Kas atau Saldo Bank.

Jika rekan-rekan OPS atau Tim Manageman BOS Sekolah membutuhkan file/format sederhana LPJ BOS terbaru Tahun 2020 Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 yang mudah untuk digunakan dan untuk membantu Tim Manageman BOS Sekolah, Silahkan unduh Format tersebut | DISINI

Berikut Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) yang sudah admin sematkan pada link dibawah ini:


DOWNLOAD JUGA:


Demikian Contoh dan Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya dan bisa membantu Tim Manajemen BOS Sekolah dan rekan-rekan OPS selaku penginput anggaran Dana BOS. Terima kasih sudah berkunjung...

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Cara Pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJB) Dana BOS"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel