PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI RUMAH BELAJAR OFFLINE WAJIB BAGI SEKOLAH PENERIMA DANA BOS AFIRMASI KINERJA TAHUN 2019



Sebelumnya admin telah memposting Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran online di rumah aja. Kali ini admin sedikit akan berbagi mengenai Panduan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Offline Kemdikbud yang sebenarnya wajib di install oleh rekan-rekan OPS yang sekolahnya mendapatkan Bantuan Dana BOS Afirmasi Kinerja pada Tahun 2019.



Sebelum menginstal Aplikasi Rumah Belajar Offline Kemdikbud untuk Sekolah yang mendapatkan Dana BOS Afirmasi Kinerja Tahun 2019, terlebih dahulu kita harus membaca dan memahami Panduan/cara instalnya. Buku panduannya bisa anda download di akhir postingan ini.


PANDUAN INSTALASI DAN PENGGUNAAN RUMAH BELAJAR OFFLINE KEMDIKBUD

 1.     PERSIAPAN
Pastikan  folder  dengan  nama  “VM  Rumah  Belajar”  telah  ada  di  laptop.  Secara  default  folder tersebut berada di direktori C:\ yang sejajar dengan folder “Program Files”, “Windows”, dll. Jika belum, copy folder tersebut dari harddisk eksternal yang tersedia kemudian diletakkan langsung di direktori C:\.  Tidak disarankan untuk  melakukan  langkah  berikutnya  dengan  langsung menggunakan file yang ada di harddisk eksternal karena dapat digunakan sebagai master file jika terjadi kesalahan dalam melakukan instalasi dan konfigurasi Rumah Belajar Offline.



Periksa folder “VM Rumah Belajar”. Di dalamnya terdapat file installer VirtualBox versi 6 dan juga master VHD Rumah Belajar.




2.     INSTALASI APLIKASI VIRTUALBOX
Jalankan installer aplikasi VirtualBox versi 6.0.12, setelah dijalankan maka akan muncul tampilan seperti berikut:


Pilih “Next >”, selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:



Pilih “Next >”, selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:



Pilih “Next >”, selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:



Pilih “Yes”, selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:



Pilih “Install”, kemudian akan muncul tampilan proses instalasi seperti berikut:



Tunggu sampai proses instalasi selesai, jika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut:



Pilih  “Finish”  untuk  mengakhiri  proses  instalasi  VirtualBox,  aplikasi  VirtualBox siap  untuk dijalankan.  

Selanjutnya jalankan installer VirtualBox Extension Pack versi 6.0.12 yang terdapat pada folder “VM Rumah Belajar”.



Pilih  “I  Agree”  kemudian  pilih  “Yes”,  tunggu  hingga  proses  instalasi  VirtualBox  Extension  Pack 6.0.12 selesai.






3.    KONFIGURASI RUMAH BELAJAR OFFLINE
Jalankan  aplikasi  VirtualBox  dengan  cara  melakukan  double  click  pada  shortcut  aplikasi VirtualBox yang ada pada Desktop Laptop.



Setelah aplikasi VirtualBox terbuka, pilih “New” untuk membuat mesin virtual baru.




Pilih “Expert Mode”, di bagian Name and Operating System, masukkan Name: “Rumah Belajar”, Type:  “Microsoft  Windows”,  Version  :  “Windows  2012  (64-bit)”.  Di  bagian  Memory  size, masukkan “4096” MB atau sesuaikan dengan batas tertinggi yang berwarna hijau, di bagian Hard disk,  pilih  “Use  an  existing  virtual  hard  disk  file”,  kemudian  pilih  icon  berbentuk  folder  untuk memilih lokasi penyimpanan file virtual hard disk.


Cari file virtual hard disk yang berada di dalam folder “VM Rumah Belajar”.



Kemudian pilih file virtual hard disk “VMRumbel.vhd”, setelah itu pilih “Open”.



Setelah itu pilih “Create”, maka mesin virtual “Rumah Belajar” sudah berhasil dibuat.



Pilih “Settings” untuk melakukan pengaturan tambahan.



Pilih “System” pada menu di sebelah kiri, kemudian pilih “Processor”, masukkan Processor (s): “4” atau sesuaikan dengan batas tertinggi yang berwarna hijau.



Pilih “Network” pada menu di sebelah kiri, kemudian pada “Adapter 1”, masukkan Attached to: “Bridged Adapter”.



Selanjutnya pilih “Display” pada menu sebelah kiri, kemudian “Graphic Controller”, pilih opsi “VBoxVGA”. Setelah itu klik OK.





4.    MENGHIDUPKAN RUMAH BELAJAR OFFLINE   
Pilih “Start” untuk menjalankan mesin Rumah Belajar Offline.



Mesin Rumah Belajar Offline akan masuk ke proses booting, tunggu hingga proses booting selesai.



Jika proses booting telah berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut.



Pilih “Input”“Keyboard”“Insert Ctrl+Alt+Del” untuk mengaktifkan input dari keyboard.



Masukkan “B3l4j4r@4dm1n” (tanpa tanda petik) di tempat isian password.



Jalankan  browser  Google  Chrome  dengan  cara  melakukan  double  click  pada  shortcut  aplikasi Google Chrome yang ada pada Desktop mesin Rumah Belajar Offline.



Ketik  “belajar.kemdikbud.go.id”  di  tempat  pengisian  url  pada  browser  untuk  membuka  portal Rumah Belajar Offline, kemudian buka fitur Sumber Belajar untuk mencari konten pembelajaran.







5.    KONFIGURASI ROUTER
Hubungkan  Laptop  dengan  Router  menggunakan  kabel  jaringan,  hidupkan  Router,  jalankan browser  dengan  cara  melakukan  double  click  pada  shortcut  aplikasi  browser  yang  ada  pada Desktop Laptop.



Ketik “192.168.0.1” di tempat pengisian url pada browser untuk membuka halaman pengaturan Router (pengaturan dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada).



Setelah halaman awal pengaturan Router terbuka, masukkan “admin” pada isian username dan “admin” pada isian password (pengaturan dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada), setelah itu pilih “Login”.



Pilih  menu  Wireless  pada  menu  di  sebelah  kiri,  kemudian  ubah  nama  SSID,  misalnya “Kemendikbud”,  kemudian  pilih  “Save”  untuk  menyimpan  pengaturan  (pengaturan  dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada).




Kemudian  pilih  Menu  Wireless  Security  untuk  merubah  password  Router,  misalnya “kemendikbud”  setelah  itu  pilih  “Save”  untuk  menyimpan  pengaturan  (pengaturan  dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada).



Pilih  menu  Network    LAN,  Ketik  “192.168.100.1”  pada  isian  IP  Address  dan “255.255.255.0” pada isian Subnet Mask, kemudian pilih “Save” untuk menyimpan pengaturan (pengaturan dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada).



Ubah DNS pada menu Network → WAN, masukkan “192.168.100.3” pada isian Primary DNS, dan “8.8.8.8”  pada  isian  Secondary  DNS,  pilih  “Save”  untuk  menyimpan  pengaturan  (pengaturan dapat berbeda pada setiap merek Router, silakan buka petunjuk pengaturan yang ada).



Pada Laptop Client dan Tablet, pilih koneksi yang berasal dari Router yang sudah dikonfigurasi (contoh:  Kemendikbud), masukkan  password  yang  sudah  dibuat,  setelah  terkoneksi,  ketik “belajar.kemdikbud.go.id” di tempat pengisian url pada browser untuk membuka portal Rumah Belajar Offline.






6.    MEMATIKAN RUMAH BELAJAR OFFLINE
Pada mesin Rumah Belajar Offline, pilih icon Windows di pojok kiri bawah.



Kemudian pilih icon Power pada bagian kanan atas.



Pilih “Shut Down”, kemudian pilih “Continue”. Tunggu beberapa saat hingga proses Shut Down selesai dan mesin Rumah Belajar Offline dalam kondisi mati.





Panduan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Offline beserta aplikasi pendukung lainnya "VR Rumah Belajar" sudah ada didalam Harddisk eksternal yang kita pesan melalui Aplikasi SIPLah.
Jika belum/tidak ada, silahkan unduh/download melalui tautan berikut: VR Rumah Belajar

  
Berkiut dibawah ini link unduh/download Panduan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Offline Wajib Bagi Sekolah Penerima DANA BOS Afirmasi Kinerja Tahun 2019




Demikian postingan mengenai Panduan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Offline Wajib Bagi Sekolah Penerima DANA BOS Afirmasi Kinerja Tahun 2019, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. #SalamBOSAfirmasiKinerja.

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI RUMAH BELAJAR OFFLINE WAJIB BAGI SEKOLAH PENERIMA DANA BOS AFIRMASI KINERJA TAHUN 2019"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel