Juknis PIP Tahun 2020 Jenjang SD SMP SMA SMK Terbaru


Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag). 
Juknis PIP Tahun 2020 Jenjang SD SMP SMA SMK Terbaru


Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program pendidikan yang di keluarkan oleh pemerintah pusat di lingkungan kementerian pendidikan dengan tujuan untuk memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk uang tunai kepada setiap peserta didik yang terjaring dalam program PIP dan di peruntukkan bagi peserta didik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang sasaran utamanya adalah untuk peserta didik yang masuk ke dalam kategori kurang mampu.

Dengan adanya bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) ini maka sangat membantu bagi orang tua yang memiliki pendapatan sangat kecil yang merasa bahwa mereka tidak bisa lagi untuk menyekolahkan anaknya. Selain itu bantuan PIP ini juga sangat di rasakan bermanfaat bagi peserta didik sebab peserta didik yang tergolong tidak mampu dapat membeli perlegkapan sekolahnya melalui bantuan PIP yang di terimanya sesuai degan peruntukkannya.

Prioritas utama dalam penerimaan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yaitu mereka yang telah memiliki kartu Indonesia pintar (KIP). Bagi peserta didik yang telah menerima atau mendapatkan kartu KIP maka secara otomatis ia akan mendapatkan bantuan PIP dari sekolahnya dengan catatan peserta didik yang telah menerima kartu KIP tersebut telah terdaftar pada satuan pendidikan dan telah meregistrasikan kartu KIP nya ke dalam aplikasi dapodik sekolah yang biasanya di input oleh seorang operator sekolah.

Untuk besaran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) memiliki jumlah penerimaan yang berbeda-beda antara peserta didik yang berskolah pada jenjang SD, jenjang SMP, dan jenjang SMA dan SMK. Seluruh peserta didik yang menerimakan bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) memiliki hak yang sama dalam menerimakan dana PIP tersebut, artinya bahwa penerimaan dana PIP tersebut di terimakan dalam jumlah yang sama bagi setiap peserta didik pada suatu jenjang di sekolah di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut ini rincian besaran dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang dapat di peroleh oleh masing-masing peserta didik pada jenjang tertentu mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

1.  Sekolah Dasar (SD)/SDLB/Paket A:
a.      Peserta  didik  Kelas  I,  II, III,  IV  dan  V  semester genap  diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp450.000,00;
b.      Peserta didik Kelas VI semester genap diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp225.000,00;
c.      Peserta  didik  Kelas  I  semester  ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp225.000,00;
d.      Peserta didik Kelas II,  III,  IV,  V, dan VI semester ganjil  diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp450.000,00;
e.      Peserta didik Paket A diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp450.000,00.

2.  Sekolah Menengah Pertama (SMP)/SMPLB/Paket B:
a.    Peserta  didik  Kelas  VII  dan  VIII  semester  genap  diberikan  dana untuk dua semester sebesar Rp750.000,00;
b.    Peserta didik Kelas IX semester genap  diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp375.000,00;
c.    Peserta didik Kelas VII semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp375.000,00;
d.    Peserta didik Kelas VIII dan IX semester ganjil diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp750.000,00;
e.    Peserta didik Paket B diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp750.000,00.

3.  Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMALB/Paket C:
a.    Peserta didik Kelas X dan XI semester genap diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
b.    Peserta didik Kelas XII semester genap diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
c.    Peserta didik Kelas X semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
d.    Peserta didik Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
e.    Peserta didik Paket C diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00.

4.  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/SMKLB:
a.    Program 3 Tahun
1.    Peserta  didik  SMK  Kelas  X  dan  XI  semester genap diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2.    Peserta  didik  SMK  Kelas  XII  semester  genap  diberikan  dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
3.    Peserta didik SMK Kelas X semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4.    Peserta didik SMK Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00.

b.    Program 4 tahun
1.    Peserta   didik   SMK   Kelas   X,   XI,  dan  XII   semester  genap diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2.    Peserta  didik  SMK  Kelas  XIII  semester  genap  diberikan  dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
3.    Peserta didik SMK Kelas X semester ganjil diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4.    Peserta  didik  SMK  Kelas  XI,  XII,  dan  XIII  semester  ganjil diberikan dana untuk dua semester sebesar Rp1.000.000,00.

Dengan adanya bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tersebut maka pemerintah mengharapkan agar peserta didik yang telah menerimakan bantuan PIP tersebut dapat terus bersekolah hingga dapat menyelesaikan pendidikannya ke jenjang pendidikan menengah dengan harapan tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah hanya karena tidak memiliki biaya untuk sekolah.

Apabila bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) itu benar-benar di manfatkan dengan baik maka peserta didik tentu dapat menyelesaikan sekolahnya hingga ke jenjang pendidikan menengah dengan tanpa lagi harus meminta uang kepada orang tuanya untuk bersekolah dan membeli perlengkapan sekolah.

Penerimaan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam bentuk pemberian uang tunai ini sebenarnya bukan hanya di peruntukkan bagi mereka yang hanya memiliki kartu KIP tetapi peserta didik yang tidak memiiki kartu KIP pun juga dapat menikmati bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) ini. Untuk bisa menikmati Program Indonesia Pintar (PIP) layaknya mereka yang memiliki kartu KIP maka peserta didik non KIP dapat memohon kepada pihak sekolah untuk di masukkan sebagai calon penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dengan syarat melampirkan surat keterangan yang membuktikan bahwa peserta didik tersebut benar-benar layak untuk bisa turut dalam menerimakan Program Indonesia Pintar (PIP).

Hal yang terpenting yang juga harus dilakukan oleh pihak sekolah agar mereka yang memiliki kartu KIP dan non KIP bisa mendapatkan bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) maka melalui bantuan operator sekolah nama peserta didik tersebut harus di cantumkan/di usulkan sebagai peserta didik yang layak untuk menerimakan bantuan PIP. Dengan cara tersebut maka baik peserta didik yang telah memiliki kartu KIP maupun yang tidak memiliki kartu KIP memiliki hak yang sama untuk bisa mendapakan bantuan PIP.

Bagi anda yang masih penasaran dengan prosedur dan tata cara dalam penerimaan bantuan PIP mulai dari jenjang SD,SMP,SMA dan SMK maka pada postingan ini saya akan membagikan juknis tentang petunjuk pelaksanaan PIP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Dengan membaca dan malihat isi dari juknis tentang petunjuk pelaksanaan PIP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah ini maka di harapkan anda dapat memahami dan mengetahui pentingnya program PIP ini yang di keluarkan oleh pemerintah serta anda bisa mengetahui aturan yang di kelurkan dan di teteapkan dalam penerimaan bantuan PIP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Hal yang paling penting juga dalam juknis tentang petunjuk pelaksanaan PIP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah ini agar anda tahu apa saja yang menjadi tujuan utama dalam pemberian bantuan PIP.

Bagi anda yang membutuhkan juknis tentang petunjuk pelaksanaan PIP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah ini maka berikut ini saya akan berikan link downloadnya agar anda dapat mengunduh dan menyimpannya untuk keperluan pribadi maupun keperluan sekolah.

Demikianlah postingan mengenai tentang Juknis PIP Tahun 2020 Jenjang SD SMP SMA SMK Terbaru, semoga apa yang telah saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar PIP maka anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah postingan ini. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Juknis PIP Tahun 2020 Jenjang SD SMP SMA SMK Terbaru"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel