UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.03

Pada postingan sebelumnya admin berbagi informasi terkait Update Aplikasi RKAS 2.02, pada  kesempatan kali ini admin akan kembali memberikan informasi ter-UPDATE yakni tentang pembaruan pada Aplikasi RKAS dari RKAS Versi 1.02 ke Versi 2.03.

 

UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.03 sdnsobang1

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah.

 

Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input ARKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab tim BOS sekolah. Selain itu untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.03.

 

Sebelum rekan-rekan melakukan pembaruan Aplkasi RKAS Versi 2.03 ada baiknya simak dulu pembaruan apa saja yang ditawarkan Aplikasi RKAS 2.03 ini, berikut detail pembaruannya:

1.     Perbaikan sinkron bermasalah

2.     Penambahan menu ganti kode aktivasi untuk keamanan

3.     Perbaikan sinkron data Guru dan Tenaga Kependidikan

4.     Perbaikan sinkron jumlah siswa

5.     Penambahan tarik referensi sebelum pengajuan pengesahan

6.     Perbaikan cek status

7.     Penambahan validasi kode aktivasi

8.     Penambahan validasi rekening saat pengesahan

9.     Penambahan validasi barang saat pengesahan

10.  Penambahan hapus BKU akhir tahap 2 dan tahap 3

11.  Perbaikan hapus BKU penerimaan tidak terupdate

12.  Perbaikan regional setting mengikuti setting komputer

13.  Penyesuaian pajak PPn terbaru

14.  Penambahan bunga bank dan pajak pada 2020

15.  Perbaikan pilihan print SiLPA

16.  Perbaikan BKU SiLPA

17.  Penambahan pilihan penggunaan pajak

18.  Perbaikan Dashboard terhitung lebih besar

19.  Perbaikan Laporan Penggunaan

20.  Penutupan Versi 2.02 (harus Update ke 2.03)

 

Pembaruan yang paling menonjol pada updater aplikasi arkas versi 2.03 adalah adanya fasilitas reset data sekolah pada Manajemen RKAS, fitur tersebut untuk mereset data (hapus semua anggaran dan BKU). setelah direset sekolah bisa melakukan syncronisasi kembali, fitur keamanan ini digunakan untuk menghindari adanya pengguna Aplikasi yang tidak bertanggung jawab.

 

Bagaiman cara mengunduh dan menginstalasi Aplikasi RKAS 2.03???

 Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.03 bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni:

1.    Rekan-rekan dapat mengunduhnya secara manual pada alamat berikut:

(http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download),

Manfaat bagi yang melakukan update aplikasi Arkas versi 2.03 secara manual memberikan kemudahan penguna aplikasi RKAS, terutama untuk daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang lambat atau kurang stabil, admin rekomendasikan melakukan pembaruan/updater menggunakan aplikasi RKAS secara manual.

2.    Selain itu rekan-rekan juga dapat melakukan pembaruan secara otomatis dengan menggunakan fitur autoupdate yang terdapat pada aplikasi RKAS sebelumnya atau bisa langsung rekan-rekan [DISINI]

 

Catatan: Sebelum menginstal/memasang updater aplikasi RKAS Versi 2.03 rekan-rekan harus memastikan sudah memiliki Aplikasi RKAS Versi 2.02 instaler atau sudah terpasang Aplikasi RKAS Versi sebelumnya.

 

Menggunakan aplikasi RKAS terbaru sudah pasti pekerjaan rekan-rekan operator akan semakin mudah, dan akan selesai sesuai dengan target penyelesaian Aplikasi RKAS pada satuan pendidikannya masing-masing. Terutama pada sekolah-sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun 2020 ini.

 

Demikian admin sampaikan tentang informasi Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.03, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.03"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel