Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 Seratus Persen Berhasil

Alhamdulillah pada tanggal 19 Juli 2020 tepatnya dini hari tadi, laman resmi Kemdikbud telah meluncurkan/rillis Aplikasi Dapodik versi 2021. Pada kesempatan kali ini admin mau berbagi mengenai bagaimana Cara Instal Aplikasi Dapodik versi 2021 tersebut, tanpa panjang lebar, mari simak penjelasannya sibawah ini. 

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 100 Persen Work


Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP, dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.

 

1) Uninstal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik versi sebelumnya (2020) dengan menggunakana fungsi CONTROL PANEL

 

2) Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik Versi 2021 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2021, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a)  buka laman  https://dapo.kemdikbud.go.id

b)  klik menu Unduhan

c)  klik Unduh Installer

 

3) Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file.prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir.

 

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

a)    generate prefill  yaitu  tahapan  untuk  mengambil  data  sekolah  dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.

b)    data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.

c)    Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.

d)    jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

e)    registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).

f)     jangan  lakukan  registrasi  dengan  menggunakan  prefill  yang  lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

 

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:

a)    buka laman  https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan b)  pilih menu “DATA PREFILL”

b)    pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill yang sudah tersedia.

c)    masukkan username, password, dan kode registrasi.

 

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan.

 

setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

 

B. Langkah-Langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi aplikasi. Aplikasi Dapodik Versi 2021 dirilis dalam bentuk installer.

 

1)  Instalasi Menggunakan Installer

a)    Siapkan file installer yang sudah diunduh sebelumnya. Sangat disarankan untuk menutup program lain yang masih terbuka sebelum melakukan instalasi.

b)    Klik ganda file installer, jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau untuk komputer dengan sistem operasi Windows versi tertentu, klik Run Anyway. Selanjutnya akan ditampilkan jendela instalasi Dapodik. Klik lanjut.

c)    Pada jendela perjanjian persetujuan pilih saya setuju dan klik lanjut.

d)    Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.

e)    Proses instalasi Aplikasi  Dapodik  sedang  berjalan,  tunggu  hingga proses pemasangan ini selesai.

f)     Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.

 

Berikut admin lampirkan gambar proses/Cara Instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021:

 


2)  Membersihkan Cache setelah Melakukan Instalasi Aplikasi

setelah selesai melakukan instalasi, pastikan untuk selalu membersihkan cache pada peramban sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik versi 2021.

a)    Di  komputer,  buka  Aplikasi  Google  Chrome,  lalu  klik  Lainnya (Others)  yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi.

b)    Klik Fitur  lainnya  (More  Tools) Hapus  data  browsing  (Clear Browsing Data).

c)    Di bagian atas, pilih rentang waktu (Time Range). Untuk menghapus semua, pilih Semua (All Time).

d)    Di samping "Cookie dan data situs lainnya" (Cookies and other site data) dan "Gambar dan file dalam cache" (Cached images and files), centang kotaknya. Klik Hapus data (Clear Data) untuk menyelesaikan.

e)    Catatan: untuk peramban web lain seperti Safari, Firefox, atau browser lain, periksa petunjuk di situs dukungannya.

 

Beres dan Selesai.... tinggal rekan-rekan input data sekolahnya dan sesuaikan dengan keadaan sekolah rekan-rekan.

 

Berikut link download/unduh informasi mengenai Cara Instal Aplikasi Dapodik versi 2021 yang sudah admin rangkum, melalui tautan dibawah ini:

  • Video TUTORIAL Cara Instal Aplikasi Dapodik versi 2021 [YOUTUBE]
  • File pdf langkah-langkah Instalasi Dapodik 2021 [DISINI]
  • Installer Aplikasi Dapodik versi 2021 [DISINI]

 

Demikian yang bisa admin sampaikan mengenai Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021 hingga 100 persen berhasil, mudah-mudahan bisa dimengerti dan ada manfaatnya, terima kasih sudah berkunjung…

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 Seratus Persen Berhasil"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel