Cara Verifikasi Akun Operator dan Guru Dapodik 2021

Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi mengenai Dapodik Versi 2021 yang memang aplikasi ini banyak perubahannya. Sebelumnya admin telah memposting Panduan dan Cara Instalasi Dapodik Versi 2021.

Cara Verifikasi Akun Operator dan Guru Dapodik 2021

Aplikasi Dapodik ini adalah aplikasi offline yang berbasis web, digunakan untuk semua jenjang pendidikan (PAUD, Dikdas, Dikmen, dan Kesetaraan), pengiriman menggunakan sinkronisasi dan satu aplikasi Dapodik bisa digunakan lebih dari 1 sekolah.

 

Ada beberapa perubahan pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang telah dimutahirkan pada pembaruan misalnya seperti: Kode Registrasu Baru untuk jenjang PAUD, SKBM dan PKBM, penonaktifan Kurikulum 2006 (KTSP), Perubahan proses bisnis tingkat kerusakan bangunan, kelulusan bersama pada tingkat akhir, perubahan proses bisnis perekaman GTK, perubahan proses bisnis pembuatan Akun GTK dan penambahan fitur Tarik Data pada proses sinkronisasi.

 

Perubahan perubahan tersebut diatas tidak akan admin bahas semuanya, karena pasti akan membuat postingan ini menghabiskan waktu berjam-jam dan berlembar-lembar. Admin hanya akan membahan Perubahan proses bisnis pembuatan Akun GTK.

 

Untuk aplikasi Dapodik versi lawas, GTK/PTK masi bisa menggunakan akun atau email yang bodong, tidak terkecuali admin sendiri. Tidak berlaku untuk tahun ini, aplikasi Dapodik versi 2021 mengharuskan GTK/PTK mempunyai akun/email yang aktif dan nanti dibuktikan dengan cara memverifikasi email tersebut dengan kode. Jadi untuk rekan-rekan yang masih menggunakan email bodong pada akun GTK-nya, jangan coba-coba jika tak ingin semua TUNJANGAN HILANG.. heheeee….

 

Okeh langsung saja, kita bahan bagaimana sih Cara Verifikasi Akun Operator dan Guru Dapodik 2021, berikut penjelasannya dibawah ini…

 

1.    Buka laman Dapodikdasmen (https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/) klik tulisan login pada pojok kanan atas, gunakan Manajemen Sekolah” jika untuk Admin/OPS, gunakan “Individual GTK” jika untuk GTK/PTK atau Guru.

Atau rekan-rekan klik laman (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/) menggunakan akun operator sekolah, dan langsung akan meminta verifikasi akun ataupun rekan-rekan bisa klik menu “AKUN” dan kemudian klik “VERIFIKASI AKUN”.  

 


 


2.    Selanjutnya rekan-rekan cek inbox email yang sudah didaftarkan/email yang digunakan oleh operator sekolah untuk verifikasi akun tadi.

 

 

3.    Salin/copy kode verifikasi berupa 4 (empat) digit angka yang dikirim oleh Kemdikbud untuk kode verifikasi

 

4.    Pastekan/tempelkan 4 (empat) digit angka kode verifikasi ke form kosong yang bertuliskan kode verifikasi, kemudian klik “LANJUTKAN”

 

 

5.    Jika sudah muncul keterangan “Managemen Data SD Negeri ………… “ itu tandanya akun operator pengelola Dapodik sudah terverifikasi.

 

 

Tidak seperti makan cabai, ketika makan langsung pedas… kok makan sih min???

Haaaaaaa…. Laper kali bang!!

 

Setelah semua selesai dilakukan, kita tinggal mengerjakan menu-menu yang belum dikerjakan pada Aplikasi Dapodik 2021 sekolah kita yang lain sampai beres, validasi dan sinkronisasi.

 

Perubahan mengenai keterangan “AKUN SUDAH TERVERIFIKASI” pada pojok kiri atas beranda Aplikasi Dapodik sekolah kita akan berubah ketika dapodik sekolah kita sudah rampung dikerjakan dan “SINKRONISASI” terlebih dahulu. Ataupun tunggu dalam waktu 1x24 jam setelah sinkronisasi.

 


Berikut tutorial-tutorial mengenai Aplikasi Dapodik versi 2021 yang admin suguhkan untuk rekan-rekan, melalui tautan link dibawah ini:

 

Demikian yang bisa admin sampaikan mengenai Cara Verifikasi Akun Operator dan Guru Dapodik 2021, sebagai referensi rekan-rekan dan Bapak/Ibu Guru, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung… #SalamSATUData

Berlangganan update artikel terbaru :

Belum ada Komentar untuk "Cara Verifikasi Akun Operator dan Guru Dapodik 2021"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel